EN | ID
Tutup

Artikel

Menyesuaikan Desain Interior Hunian dengan Fungsi Ruangan

diposting 27 Nopember 2019

Menyesuaikan Desain Interior Hunian dengan Fungsi Ruangan

Dalam sebuah rumah hunian, kamar tidur sengaja dibuat menjadi area yang paling luas. Sehingga penghuninya bisa nyaman melepas lelah setelah kesibukan seharian dengan berbagai aktivitas. Tidak hanya kamar untuk orang dewasa, tapi untuk kamar remaja, anak dan juga bayi. Lemari-lemari penyimpanan berukuran besar dirancang memenuhi salah satu sisi dinding kamar. Dengan desain tinggi hingga ke langit-langit kamar, lemari penyimpanan terlihat seperti dinding biasa. Inilah ilusi visual yang membuat kamar tidur semakin berkesan luas. Tak jarang keinginan untuk membuat lemari curstom dilakukan dengan memaksimalkan penggunaan ruang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Ada pula headboard multifungsi. Tidak seperti headboard atau sandaran kasur pada umumnya, headboard yang berukuran cukup panjang ini juga berfungsi sebagai penyekat. Headboard dirancang tidak terlalu tinggi agar tampilannya seimbang dengan ukuran ranjang. Tentu saja supaya ruangan kamar tidur tetap berkesan luas dan lapang. Meski berfungsi sebagai penyekat, headboard tetap dibuat menyatu dengan ranjang. Headboard simpel minimalis berwarna putih ini pun dibuat berlapis dua.

 

Salah satu desain meja kerja dalam desain interior kamar tidur juga menjadi salah satu aspek yg penting. Ruang tidur yang luas didesain berfungsi ganda. Tepat dibalik headboard dua lapis yang terdapat sebuah meja kerja mungil, melengkapi kamar tidur. Meja mungil dibuat menempel pada lapisan kedua headboard dengan posisi permukaan meja lebih rendah dari headboard. Tujuannya, agar kekacauan di meja kerja tidak terlihat dari tempat tidur. Penghuni kamar pun tetap bisa rileks beristirahat tanpa terganggu pemandangan di meja kerja. Ruang kerja yang terintegrasi dengan kamar tidur ini menjadi solusi keterbatasan ruangan di apartemen.

Ruang belajar anak dibuat senyaman dan semenarik mungkin, sehingga anak semakin termotifasi untuk belajar. Selain headboard multifungsi, meja belajar yg buat di bawah Kasur tingkat juga menarik. Kasur di bagian atas dan di bagian bawah meja belajar dan lemari buku serta peralatan sekolah sang anak. Sehingga tempat belajar juga menjadi tempat hiburan untuk anak.

Hiburan adalah kebutuhan seluruh member keluarga. Televisi menjadi salah satu opsi hiburan di rumah. Tergantung tujuan dan kebutuhan, penempatan televisi dapat disesuaikan. Sebagai sebuah hiburan tidak ditempatkan di ruang keluarga, melainkan di kamar tidur. Televisi dipasang tepat di dinding yang menghadap langsung ke tempat tidur. Jadi, penghuni bisa menikmati tontonan di dalam kamar sembari beristirahat. Pada interior rumah mewah juga bisa digunakan sebagai ruang keluarga untuk bercengkrama bersama keluarga ataupun tamu yang datang.

Tidak hanya dunia sulap yang menggunakan ilusi, dunia desain juga menggunakannya dalam pemilihan furniture, warna ataupun aksen ruang. Menggunakan satu sisi dinding pada lorong menuju kamar utama dan kamar mandi sengaja dipasangi cermin. Tak hanya menambah nilai estetika ruangan, cermin mampu menghadirkan ilusi ruang yang terkesan luas dan lapang. Pemasangan cermin untuk menciptakan ilusi ruang yang luas memang tak boleh berlebihan. Cukup di salah satu sisi dinding saja. Seperti di desain interior apartemen minimalis, dinding cermin dipasang di seberang jendela sehingga cahaya dari luar terpantul ke dalam. Jelas menciptakan kesan luas dan lega. Tidak hanya di lorong, namun di ruang makan, juga menjadi tempat yg cocok untuk memasangkan kaca. Dengan pemilihan warna bening, bronze, and black menghiasi rumah dengan indah. Penambahan meja juga biasa digunakan, agar ruang terlihat manis, namun akan berbahaya jika kaca berbentur dengan meja.

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu